Mojoduwur Ngetos Dilanda Kekeringan, Begini Langkah Cepat BPBD Nganjuk

banner 468x60

NGANJUK – Badan Penanggulangan  Bencana  Daerah (BPBD) Nganjuk bergerak cepat menangani kekeringan yang melanda Dusun Jatirejo, Desa Mojoduwur, Kecamatan Ngetos dengan langsung menyalurkan dua unit tangki air ukuran besar berisikan 11 ribu liter air bersih yang langsung dibagikan kepada warga terdampak, Selasa 6 September 2023.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Nganjuk, Abdul Wakid, menjelaskan, pengirimkan dua unit tangki air bersih dengan jumlah 11 ribu liter ini berdasarkan laporan dari Kepala Desa Mojoduwur dan langsung ditindaklanjuti assesment dari Tim BPBD, “Ini bentuk respon cepat BPBD Nganjuk, total ada 375 warga yang terdampak, dengan jumlah 125 Kepala Keluarga (KK),” ungkap Abdul Wakid

banner 336x280
DROPING AIR BERSIH : BPBD Pemkab Nganjuk mendistribusikan air bersih kepada ratusan warga Dusun Jatirejo, Desa Mojoduwur, Kecamatan Ngetos yang dilanda kekeringan (DOK KOMINFO NGANJUK)

Dengan droping air bersih ini, sambung Wakid, diharapkan kebutuhan air bersih warga dapat sedikit terurai. “Dan rencananya (dropping air bersih) juga akan kita kirim setiap dua hari sekali, sesuai dengan kebutuhan dan permintaan warga,” jelasnya

Selain dropping air bersih, BPBD Nganjuk juga membagikan 50 unit jeriken (jerigen) untuk warga di Dusun Jatirejo-Mojoduwur. Nantinya, jeriken ini dapat digunakan oleh warga sebagai tempat tandon air bersih, ungkap Kalaksa Abdul Wakid.

Untuk menyikapi kekeringan dan kekurangan air bersih, Kalaksa BPBD juga menyiapkan dua unit tandon besar sebagai tampungan air jika musim kemarau tiba di Dusun Jatirejo-Mojoduwur.

DROPING AIR BERSIH : BPBD Pemkab Nganjuk mendistribusikan air bersih kepada ratusan warga Dusun Jatirejo, Desa Mojoduwur, Kecamatan Ngetos yang dilanda kekeringan (DOK KOMINFO NGANJUK)

“Setelah kita cek tandon di Dusun Jatirejo rusak. Ini bocor. Sehingga kami dari Pemerintah Kabupaten Nganjuk melalui BPBD nanti juga akan mengirimkan dua unit tandon besar. Sehingga nanti warga yang ada di Dusun Jatirejo, Mojoduwur tidak kekurangan air bersih,” jelasnya.

Selanjutnya, menurut mantan Kasatpol PP Kabupaten Nganjuk ini, dropping air bersih sudah dilakukan BPBD di beberapa daerah. Karena saat ini, ada beberapa daerah yang juga mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih.

“Beberapa desa yang ada di wilayah Kabupaten Nganjuk yang kekurangan air bersih, kami dari BPBD Nganjuk akan mengatur jadwal sehingga pengiriman air bersih ke warga yang kekurangan air ini bisa merata dan bisa tercukupi semuanya,” tutupnya. (mf/gus)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *