Pawai Acak-acak Warnai Sedekah Bumi Dukuh Kapasan

banner 468x60

SURABAYA – Warga Dusun Kapasan atau RW II Kelurahan Sambikerep Kecamatan Sambikerep Surabaya mengadakan acara Bersih Desa, di sepanjang jalan Dukuh Kapasan pada Minggu 3 September 2023.

Acara yang ditunggu oleh warga adalah arak arakan Acak-acak semacam ogoh-ogoh. Ada empat acak acak yang dibuat oleh warga RW II, atau satu RT membikin satu Acak-acak .

banner 336x280
Bersih Desa : Warga Dusun Kapasan atau RW II Kelurahan Sambikerep Kecamatan Sambikerep Surabaya mengadakan acara Bersih Desa, di sepanjang jalan Dukuh Kapasan (Alamudi)

Yang menarik warga adalah Acak-acak yang dibuat oleh warga RT 1 dengan tema “Naga Buah”. Dimana naga sebesar gajah dewasa itu dibuat dari anyaman bambu dengan dilapisi pembungkus permen bekas.

Untuk memudahkan mengarak naga buah tersebut dibuat papan dengan roda. Karena naga buah itu ditaksir seberat 100 Kg.

“Kami sengaja membuat naga buah dengan bahan daur ulang dan buah buahan yang dijual di pasar. Selain untuk bersihkan sekitar kampung juga gerakan ekonomi kampung,” kata Rahmat mewakili warga RT 1.

Di kesempatan yang sama Ketua RW II Jumeno, menjelaskan, memang untuk acara sedekah bumi Dukuh Kapasan dalam rangkaian acara ada arak arakan Acak-acak.

Sedekah Bumi : Acak-acak Warnai Sedekah Bumi Dukuh Kapasan (Alamudi)

Selain itu ada juga tontonan ludruk yang dibawakan oleh sanggar Budhi Wijaya dari Jombang. Dan tak lupa ada acara ledek yang memang sudah menjadi tradisi warga.

” ini Urip Urip budaya. Kami sebagai warga Surabaya tidak ingin kehilangan jati diri,” terangnya.

Sedekah Bumi : Acak-acak Warnai Sedekah Bumi Dukuh Kapasan (Alamudi)

Masih kata pria yang juga Kanit Reskrim Polsek Sukomanunggal ini, diharapkan dengan acara tersebut bisa memperat warga asli dengan pendapat.” Ditempat kami sekarang banyak bermunculan perumahan baru. Otomatis banyak pendatangnya,” pungkas pria dengan dua balok dipundak ini. (M4D/gus)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *